Gadis 2 Tahun Ini Mengaku Ia Adalah “Anjing Mamanya”! Apakah Ini Reinkarnasi!?

Tidak jarang anjing sering dianggap sebagai salah satu anggota keluarga. Namun sayangnya, anjing memiliki usia yang lebih pendek jika dibandingkan dengan manusia, sehingga biasanya mereka biasanya memiliki usia yang lebih pendek dari sang tuannya

Meski begitu, ada beberapa orang percaya bahwa di dunia ini ada yang namanya reinkarnasi, dimana di kehidupan yang akan datang, mungkin saja anjing yang sudah tiada tersebut, lagi-lagi menjadi bagian penting dari hidupnya

Beberapa waktu yang lalu, seorang netizen yang sekarang tinggal di Jepang membuat sebuah pengakuan yang menghebohkan dunia, pasalnya hal tersebut terjadi pada anak perempuannya!

▼ Saat ia sedang mengobrol dengan anak perempuannya yang baru berusia 2 tahun, tiba-tiba putrinya itu berkata: ”Mama, sebenarnya aku adalah anjing yang dulu mama pernah pelihara. Saat itu ada 1 anjing lain, meski ia begitu lucu, tapi aku sangat takut kepadanya”

Seketika itu juga, netizen tersebut melongo dan kaget, karena ia sama sekali tidak pernah memberitahu putrinya bahwa ia dulu pernah memelihara anjing. Dan lagi, pada saat ia memelihara anjing di waktu itu, ia masih tidak memiliki pasangan, hal yang terjadi di rumahnya hanya dirinya dan anjing kesayangannya yang tahu

Untuk membuktikan perkataan putrinya itu benar, ia kemudian mengambil 6 lembar foto anjing. Begitu putrinya melihat, ia langsung menunjuk dan berkata: ”Ini adalah aku yang dulu”

Mendengar berita yang tidak biasa ini, banyak netizen lain yang memberikan komentarnya, ”Itu adalah memorinya di masa lalu, cepat tanyakan padanya kenapa ia memilihmu sebagai orangtuanya”, ”Pasti di kehidupan yang lalu, ia sangat menyukaimu”, ”Sepertinya ia benar-benar mencintaimu!”

Memori adalah sebuah hal yang rumit dan diteliti, tidak ada yang bisa menjelaskan bagaimana misteri kehidupan ini terjadi. Apakah kalian percaya dengan adanya reinkarnasi?

Pejantan Husky ini Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama! Namun Apa yang Dilakukan Pettersnya Bikin Dia Melolong Tajam!

Yang namanya purbertas, biasanya ditandai dengan ketika kita mengalami yang namanya “suka” atau “jatuh cinta” dengan lawan jenis bukan? Sama halnya dengan hewan mamalia, mereka juga mengalami hal tersebut lho!

Lihat saja pejantan Husky yang bernama Grey ini.

Jadi ceritanya, si Grey melihat anjing betina yang lewat di depannya, karna anjing betina tersebut anjing kecil, jadi Pettersnya ya pasti dong langsung menghalangi dia karna si betina ketakutan dan kabur.

Eh bukannya diam, tapi Grey, si Husky ini melolong tajam seakan – akan berkata “ITU MILIKKU!!” LEPASKAN SAYA!”

Tak kuasa menghiburnya, akhirnya Pettersnya ya mau gak mau lepasin dia buat kejer si betina yang sudah pergi meninggalkan dia…

Meski tak berhasil mendapatkan cinta pertamanya, tapi setidaknya Grey jadi terkenal di China gara – gara patah hati… hahaha!

Berani Berbeda! Ibu Risma Mengucapkan Salam Natal dengan Berkerundung

Natal identik sekali dengan perayaan kelahiran Yesus Kristus yang dipercayai sebagai Tuhan oleh umat Kristiani. Namun saat Desember tiba, sebuah pro dan kontra terjadi khususnya di Indonesia yang notabenenya mayoritas adalah Muslim.

Ada beberapa golongan yang menganggap, mengucapkan “Selamat Natal” kepada kaum Kristiani adalah haram hukumnya, sedangkan bagi beberapa golongan sah – sah saja dalam mengucapkan 2 kalimat itu untuk saudara sebangsa setanah air.

Nah, Ibu Risma, selaku walikota kota Surabayam BERANI MELAKUKAN PERBEDAAN! Beliau merekam sebuah video pendek dimana dirinya mengucapkan selamat hari Natal kepada seluruh umat Kristiani yang ada di Indonesia.

Beliau juga menghimbau untuk tetap menjaga persatuan Indonesia sebagai negara yang memiiki banyak suku bangsa dan agama.

Yuk kita nonton videonya :

Bagaimana menurut kalian?
kalian mendukung atau malah tidak?

Luangkan Waktu 5 Menit Untuk Baca Cerita Ini! Dijamin Kamu Akan Tersentuh!

Tahukah cerita di balik foto segerombolan cheetah yang nampak memangsa induk Rusa dengan tatapan mata yang sangat tenang itu??

Foto tersebut adalah hasil jepretan dari seorang fotografer asal Kanada. Foto ini berhasil memenangkan award untuk kategori best foto dekade tahunan di Jepang.. Cerita di balik foto ini, yaitu : rusa yang Anda lihat adalah seekor rusa betina yang memberikan dirinya mati dimakan cheetah..

Alasannya, karena awalnya cheetah mengincar kedua anaknya, si induk yang tahu akan bahaya pada kedua anaknya berusaha menarik perhatian cheetah-cheetah itu sampai dia harus merelakan dirinya dimangsa, agar fokus cheetah tertuju padanya sehingga kedua anaknya bisa lolos.. Si induk rusa ini tak terlihat sedikit pun melawan, memberikan dirinya dimangsa sampai kedua anaknya terluput.

Si induk rusa hanya terlihat tenang sambil matanya terus mengawasi kedua anaknya yang terus berlari meninggalkannya. *Kasih Ibu sepanjang jalan, kasih anak sebatas galah….* *_SELAMAT HARI IBU !_*
*22 Desember 2018* 💝💐🌷💝

Indo Menuai Hujatan! Penyelam Menemukan “Hewan Laut Langka” Ini Dirantai dan Dikandangi! Netizen Naik Pitam Tak Terima Alasannya!

Pulau terpencil di  Maluku Utara menjadi sorotan Dunia. Pasalnya setelah beredarnya foto-foto ikan duyung dalam kondisi terikat dan di kerangkeng dibawah laut tersebar di dunia maya.

Semua berawal ketika Delon Lim pergi menyelam dengan sekelompok penyelam di sebuah pulau terpencil di Kokoya, Morotai, Maluku Utara. Namun, saat menyelam, mereka menemukan pemandangan yang mengejutkan. Bukan karena keindahan bawah lautnya, tetapi karena ada dua mamalia laut langka yang diduga adalah ikan duyung, terkurung di sebuah kandang di dasar laut.

Sekedar informasi, spesies duyung sekarang ini terancam punah. Diletakkan di kandang terpisah, ikan duyung ini, juga dikenal sebagai sapi laut. Induk duyung memiliki tali yang diikatkan pada ekornya, sementara anak duyung tidak diikat.

Sponsored Ad

Lim mengatakan bahwa duo tersebut ditangkap oleh nelayan setempat yang ingin mendapatkan keuntungan dari wisatawan. Dia berkata, “Dia meminta sejumlah uang jika kita ingin melihat ikan duyung untuk berfoto.” Dia menambahkan bahwa para penyelam diizinkan untuk mengambil foto dan video di dalam kandang mereka.

Melihat kondisi duo ikan duyung atau dugong ini, pemahaman Lim adalah bahwa duo ini mungkin telah ditahan selama beberapa minggu. Dia menjelaskan, “Sepertinya begitu. Tali-tali itu sudah aus dan robek. Bekas luka di ekornya begitu dalam. Itu sangatlah memilukan.”

Sponsored Ad

Melihat cobaan yang dialami dugong tersebut, para penyelam mencoba bernegosiasi dengan para nelayan untuk membiarkan mereka pergi, karena binatang itu termasuk hewan punah dan spesies yang dilindungi.

“Ketika kami meninggalkan pulau itu, nelayan tersebut setuju untuk membebaskan mereka,” kata Lim. Tapi dia dan para penyelam lainnya masih merasa ragu dan tidak nyaman. “Tapi karena kami tidak begitu yakin para nelayan akan melakukannya, saya memposting video tersebut ke media sosial,” tambahnya.

Beberapa jam setelah video tersebut diposting, petugas satwa liar menghubunginya, meminta lokasi dimana hewan tersebut dikurung, dan akhirnya para petugas membebaskan duo dugong keesokan harinya. Tindakan sederhana dan teliti yang dilakukan Lim telah menangkal kekejaman nelayan tersebut. Sering kali memang tindakan kecil namun tegas tetaplah dibutuhkan, demi menyelamatkan nyawa makhluk yang terancam punah.

Anjing Tampak Kotor dan Kumel, Namun Dengan Tangannya Si Anjing Dipermak, “GILE!” Menakjubkan!

Setiap orang pasti pengen cantik, tak terkecuali hewan. Mari kita lihat karya perawat asal Jepang, Yoriko Hamachiyo yang sudah mengubah tampilan anjing jadi makin menggemaskan!

Yoriko adalah seorang ahli kecantikan hewan yang luar biasa. Dia punya salon hewan sendiri dan semua anjing yang diurus langsung olehnya akan selalu jadi modis dan imut.

Wow! Imut banget anjingnya. Sebelum dipercantik, si anjing kayak berantakan banget ya!

Bulu kusut anjing ini membuat orang merasa sangat terganggu, tetapi setelah perawatannya, anjing itu berubah.

Haha, bulu kepala anjing ternyata bisa memiliki bentuk yang imut!

Yang ini unyu banget sih!

Duh, yang ini keliatan hepi banget abis dari salon! XD

Buntelan apa ini?

Yoriko mengatakan bahwa rambut tidak hanya penting bagi manusia, tapi juga untuk anjing.

Selain bisa bikin anjing jadi makin cantik, tapi kesehatan anjing juga bisa dilihat dari bulunya

Setelah selesai dirapikan, anjingnya juga terlihat lebih bersemangat kan? Lebih segar!

Sponsored Ad

Kesehatan bulu anjing itu sangat penting ya! Apakah kamu punya hewan peliharaan juga?

Sumber: Pastiseru.com

Kisah Mistis Dibalik Tsunami Banten – Lampung! Mungkinkah Ini Pertanda?

Jumlah korban tewas akibat tsunami  Selat Sunda yang mendera Banten-Lampung disebutkan sudah mencapai sekitar 260 orang. Hingga saat ini masih sulit diketahui, apa yang sebenarnya menyebabkan tsunami yang menghantam Banten-Lampung itu. Intinya, tsunami tanpa didahului gempa  memang jauh dari nalar manusia dan langka.

BMKG dan BNPB sempat menyebut kalau peristiwa ini bukanlah tsunami tapi fenomena air laut pasang. Apalagi saat terjadi ombak besar pada Sabtu (23/12/2018) malam, langit di Pantai Carita, Anyer, Banten, tengah terang bulan.

Beberapa jam setelah tragedi dan banyaknya warga yang tewas, akhirnya BNPB dan BMKG mengakui kalau hal itu adalah tsunami. Bukan hanya BMKG, warga juga bingung dengan ombak besar yang menghancurkan banyak rumah.

Embedded video

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) angkat bicara terkait bencana tsunami di Banten, Sabtu (22/12). JK menganggap kasus gempa kali ini sangat tidak biasa.

“Ini suatu kasus yang tidak biasa, bahwa tsunami tanpa gempa. Jadi gejalanya ada kemungkinan dari perubahan atau letusan di Gunung Krakatau,” kata JK di Kawasan Halim, Jakarta Timur, Minggu (23/12).

JK menjelaskan kejadian itu sudah diperingatkan oleh Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa akan ada cuaca buruk hingga 26 Desember mendatang.

“Jadi gejalanya ada kemungkinan dari perubahan atau letusan di Gunung Krakatau. Dan memang diperingatkan oleh BMKG sampai tanggal 26 cuaca buruk dan di sana,” ungkap JK.

Seorang saksi mata tsunami Anyer, Malik mengatakan Gunung Anak Krakatau meletus berulang kali sebelum tsunami menerjang kawasan Anyer, Banten, Sabtu malam, 22 Desember 2018. Pegiat komunitas alam mengatakan letusan gunung sudah berkali-kali terjadi sejak Sabtu siang.

“Suaranya keras kayak gledek, letusannya kelihatan sampai ke Anyer,” ungkapnya.

Misteri Gunung Anak Krakatau

Dari luar nalar pikiran manusia, Laut Selat Sunda dan Gunung Anak Kratau ternyata menyimpan banyak cerita. Dari cerita rakyat bahwa ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja bernama Prabu Rakata.

Dihimpun dari berbagai sumber, Prabu Rakata ini memiliki dua orang putra yang bernama Raden Sundana dan Raden Tapabaruna. Saat itu Jawa dan Sumatera masih menjadi satu bagian.

Raja kemudian berniat untuk menyepi, dan bermaksud untuk membagi wilayah kerajaan menjadi 2 untuk dibagi adil kepada kedua putranya. Hal ini untuk menghindari perselisihan diantara kedua putranya.

Bagian Timur menjadi daerah kekuasaan Raden Sundana, dan bagian Barat menjadi daerah kekuasaan dari Raden Tapabaruna. Hal ini diterima baik oleh kedua putranya.

Raja kemudian menyepi dengan hanya membawa guci yang merupakan salah satu benda kesayangan Raja. Beberapa tahun Raja menyepi, kemudian mendengar kabar dari abdi kerajaan bahwa kedua puteranya ini terlibat perang.

Raden Sundana menyerang kerajaan milik Raden Tapabaruna dengan maksud untuk merebut dan menguasai wilayah tersebut. Hal ini yang kemudian membuat Raja kembali ke kerajaan dan memanggil kedua putranya. Kedua putranya yang mengetahui bahwa Raja akan datang akhirnya menarik pasukannya masing-masing dan menghadap raja.

Hal ini membuat Raja marah besar dan kemudian menyuruh kedua putranya berdiri di wilayah kekuasaannya masing-masing dengan pasukan masing-masing yang berdiri dibelakangnya. Sebelumnya Raja telah mengisi gucinya penuh dengan air laut.

Setelah itu Raja menyiramkan air dalam guci tersebut ke permukaan bumi tepat ditengah-tengah kedua putranya. Kemudian guci tersebut diletakkan ditengah-tengah tempat yang disiram air laut. Hal ini lah yang mengawali terjadinya legenda Selat Sunda.

Setelah itu terjadi getaran bumi yang hebat hingga membentuk celah jurang yang sangat dalam, belahan bumi yang pecah kemudian menghubungkan ujung laut utara dan selatan. Terbentuklah selat yang kini disebut sebagai Selat Sunda dan guci tersebut berubah menjadi gunung yang disebut gunung Krakatau.

Kisah sejarah Selat Sunda ini menjadi kepercayaan masyarakat mengenai terbentuknya Selat Sunda dan gunung Krakatau. Pada tahun 1883, gunung Krakatau meletus dengan dasyat dan menjadi sebab tewasnya 36.500 orang.

Letusan gunung Krakatau ini juga konon katanya terdengar hingga ke Australia. Letusan gunung Krakatau ini kemudian membentuk gunung baru, yaitu anak Krakatau.
Di area anak Krakatau ini sering terjadi kejadian mistis. Diantaranya adalah penampakan kapal laut yang pernah dilihat oleh petugas yang sedang berpatroli, namun ketika dilakukan pencarian, tidak ada kapal yang dimaksut. Ada juga cerita yang menyebutkan bahwa sering terdengar suara wanita memanggil nama “bambang” dan juga suara gamelan wayang serta ramai-ramai mirip pasar.

Legenda Selat Sunda ini merupakan legenda yang mengawali kisah terbentuknya gunung Krakatau. Kisah sejarah Selat Sunda ini memang nampaknya seperti kisah yang kurang bisa masuk di akal atau tidak nalar. Namun kisah ini merupakan salah satu legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Hal ini dipercaya sebagai legenda terbentuknya selat Sunda dan juga munculnya gunung Krakatau. Entah benar atau tidak, anak Krakatau yang merupakan gunung baru di sekitar gunung Krakatau ini juga terdapat banyak cerita mistis.

La Mala Hora, Urban Legend Meksiko yang Bikin Kamu Gak Akan Bisa Tidur Sehabis Baca Ceritanya!

La Mala Hora adalah cerita seram dan urban legend dari cerita rakyat Mexico. Nama itu berarti Sang Roh Jahat. La Mala Hora juga dikenal dengan nama La Malora atau La Malorga. La Mala Hora konon merupakan sesosok roh jahat atau setan yang berkeliaran di jalanan-jalanan kota yang sepi dan menyerang orang-orang yang lewat sendirian di situ. Dia biasanya mengendap-endap dalam kegelapan yang ada di tepi jalan, seraya menunggu orang-orang yang lewat di jalur itu tanpa curiga. Menurut orang-orang, La Mala Hora bahkan lebih menakutkan dari setan-setan yang pernah ada.

Awalnya dia muncul dalam wujud hitam, besar dan terus bergerak. Dia juga bisa mengubah-ubah bentuknya dari kecil hingga lebih besar lagi, dalam waktu yang singkat. Katanya wujudnya seperti sekelebat bayangan hitam atau bola hitam yang sangat besar. Apabila kamu tidak sengaja menatap matanya, akan membuatmu menjadi gila. Karena dia akan membuatmu tidak dapat bergerak dan seolah terhipnotis ketika bertemu sosok yang biasa muncul di malam hari ini. Ketika dia menyerang, dia akan meluncur dengan cepat ke arahmu, membungkus dan membuatmu sesak nafas dengan wujudnya. Keesokan harinya, tubuhmu akan ditemukan di tepi jalan tak bernyawa lagi.

Di kesempatan yang lain, La Mala Hora akan berubah wujud menjadi seorang wanita tua atau penyihir, yang biasa diidentikkan dengan roh jahat. Dia muncul dengan mengenakan pakaian serba hitam, rambut yang panjang dan tidak terawat. Dia seperti arwah gentayangan dan melayang karena kakinya tak menyentuh tanah. Orang-orang di Mexico bilang dia juga biasa muncul dalam bentuk manusia biasa, tapi ketika dia melakukannya, itu berarti dia sedang menyebarkan kutukan kematian.

Jika kau bertemu dengannya di jalan, itu berarti kau atau seseorang yang kau kenal akan mati. Biasanya ketika kau menanyakan tentang setan ini, orang-orang di Mexico enggan menceritakannya dan hanya menjawab, “Es cosa mala!” (Itu sesuatu yang jahat!). Suatu cerita, ada seorang wanita yang memiliki suami yang sedang keluar kota karena pekerjaannya.

Suatu malam, wanita itu memutuskan untuk keluar bersama temannya di Santa Fe. Saat itu sudah lewat tengah malam ketika dia meninggalkan rumahnya dan mengemudi di jalanan yang sepi dan sunyi. Setelah beberapa saat berkendara, dia sampai di sebuah jalanan kota yang kecil ketika tiba-tiba sesosok bayangan gelap muncul di depan mobilnya. Wanita itu berteriak kaget dan menginjak pedal remnya dengan sigap, menyeret mobilnya hingga ke sebuah halte.

Ketika dia menoleh untuk melihat apa yang lewat tadi, sosok gelap itu sudah menghilang. Untuk beberapa saat, wanita itu mencoba mengatur nafasnya agar tenang. Namun ketika dia tak sengaja menoleh ke kanannya, dia melihat sesuatu yang hampir membuatnya terkena serangan jantung. Tepat di samping jendelanya, wanita tua dengan wajah yang menyeramkan tengah menatapnya. Wajahnya seperti setan, dengan mata yang merah dan gigi yang mengerikan. Wanita seram itu mulai mencakar jendelanya, mencoba memecahkan kacanya.

Ketakutan, wanita ini lalu segera menekan pedal gas dan membawa mobilnya pergi dari sana. Selama beberapa saat ketika itu, wanita setan itu juga ikut berlari di sisi mobil itu dan masih mencakar-cakar kaca jendelanya. Mobilnya makin cepat dan sosok yang menakutkan itu akhirnya tertinggal dibelakang. Wanita ketakutan itu melihat dari cermin tengah mobilnya. Hal terakhir yang dilihatnya sosok itu semakin besar dan besar, hingga sebesar pohon.

Ketika wanita itu akhirnya sampai di rumah temannya, dia lari masuk dan bergegas mengunci pintunya. Wanita itu kemudian menjelaskan apa yang dilihatnya selama di jalanan dan temannya hanya bisa menahan nafas, ketakutan. “Itu pasti La Mala Hora!” kata temannya. “Sang Roh Jahat. Katanya dia hanya menunjukkan dirinya di tepi jalan kepada orang-orang yang akan segera meninggal”.

Wanita itu kemudian dikuasai oleh ketakutan dan merasa sangat terkutuk. Dia tidak bisa tidur, bahkan memejamkan matanya malam itu. Menunggu hingga pagi, dia lalu kembali pulang ke rumahnya. Dia meyakinkan dirinya untuk tidak melewati jalanan itu lagi, takut wanita tua menyeramkan itu muncul kembali di hadapannya. Ketika wanita itu tiba di rumahnya, dia menemukan sebuah mobil polisi telah terparkir di depannya.

Polisi kemudian mendekatinya, menanyakan namanya dan menceritakan kabar buruk kepadanya. Suaminya telah diserang dalam perjalanan pulang ke hotelnya di malam sebelumnya. Dia tertembak di kepala dan tewas seketika. Kejadian itu terjadi pada lewat tengah malam.

Anak Kucing Ini Buta Sejak Lahir, Namun Siapa Sangka “Keajaiban” Terjadi Saat Dia Bertemu dengan Pria Ini!

Anak kucing ini buta beberapa bulan setelah dia dilahirkan. Sebuah cairan yang mengering mengendap di kornea matanya hingga kulit luar mata anak kucing ini

Anak kucing ini selalu duduk menjauhi saudara – saudaranya, bahkan untuk berjalan pun, dia tidak tahu harus mengarah kemana…

Bahkan untuk makan pun, dia tidak tahu harus mencarinya kemana…

Sponsored Ad

Akhirnya seorang pria mendapatinya, dan memutuskan untuk memeriksakannya ke dokter hewan terdekat.

Dokter melakukan pemeriksaan awal dan mendapati, ternyata gumpalan yang menutupi mata kucing ini, ternyata adalah cairan dari infeksi virus yang diturunkan oleh induknya.

Melihat kornea matanya masih ada harapan untuk pulih, tim medis segera melakukan perawatan intensif dan pengobatan untuk kornea matanya agar tumbuh sendiri.

Karna jika dikeluarkan virus dari matanya, takutnya dia akan mengalami buta total seumur hidupnya.

Setelah beberapa hari, si anak kucing berhasil membuka matanya!! Wah syukulah! Ternayta dia anak kucing yang sangat lucu….

Dia pun sudah berhasil melihat dunia ini dan tentu saja dapat tuan yang baik juga…

yuk kita tonton videonya :

Sumber : SBS TV

PERTARUHAN TERAKHIR PRABOWO, Pantes Teriak “Indonesia Akan Punah!”

– Pemilu April 2019 ini, tak pelak lagi, merupakan pertaruhan terakhir bagi Prabowo Subianto. Dan pertaruhan terakhir juga bagi Partai Gerindra, yang didirikannya. Bila Prabowo kalah lagi kali ini – seperti dua kali pencapresan sebelumnya – selesailah dia. Baik sebagai politisi maupun sebagai pemimpin partai.

Tak heran bila dia menjerit sekuat tenaga dengan menyebut “Indonesia akan punah” jika dia kalah. Indonesia akan bubar di tahun 2030. “Kita tidak bisa kalah. Kita tidak boleh kalah. Kalau kita kalah negara ini bisa punah,” teriak Prabowo saat menyampaikan pidato di acara Konferensi Nasional Partai Gerindra yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Senin (17/12).

Teriakan itu juga bisa dimaknai sebagai ancaman dan peringatan. Sebab, patut diduga, dia didukung oleh tim dan milisi yang bisa membuat kekacauan dan kerusuhan. Banyak mantan jendral dan ahli strategi perang yang bergabung dengannya. Selain sisa sisa rezim Orba, dan kelompok radikal intoleran.

Jika Pilpres April 2019 kacau dan Indonesia rusuh – amit amit – Prabowo ‘nothing to lose’. Tidak kehilangan apa pun. Dia bisa kabur lagi ke luar negeri (ya, lagi). Dia tak punya beban keluarga – secara resmi dia tak punya isteri – dan anaknya juga tidak tinggal di sini. Orangtuanya pun sudah tak ada.

Tak heran sebenarnya, bila dia lebih banyak menyuarakan ancaman, keburukan dan kenegatifan ketimbang kebaikan an pesan positif bagi bangsa.

Dan ironinya, pendukungnya banyak.

Prabowo kini 67 tahun dan akan berusia 71 tahun pada pemilu berikutnya. Setidaknya dua kali mengalami ‘stroke’. Maka, semua suara kenegatifan yang dikampanyekan Prabowo – Indonesia bubar, Indonesia punah – sebenarnya ditujukan bagi dirinya sendiri.

Tak heran bila Menko Pulhukam Wiranto, jendral seniornya, yang selama ini dikenal kalm dan santun mengajak taruhan rumah. “Kalau sehabis pemilu Prabowo kalah dan Indonesia tetap utuh tidak punah, maka rumah Hambalang diserahkan kepada saya. Sebaliknya, kalau Indonesia punah, maka rumah saya di Bambu Apus diserahkan ke Prabowo. Tapi kalau semua punah, buat apa lagi rumah,” kata Wiranto, Selasa (18/12/2018).

Prabowo belum pernah sukses dan tidak memiliki prestasi yang membanggakan dalam mengelola masyarakat sipil – kecuali partai Gerindra – belum pernah jadi pejabat publik. Dan kini, Prabowo lebih banyak menebar pesimisme dan data-data palsu kepada masyarakat.

Saya enggan mengutip data data yang diungkapkannya, karena tim Prabowo sering ngawur. Seperti ketika menyebut 90 persen rakyat Indonesia miskin dan jelas itu ngawur. Boleh jadi itu data 20 tahun lalu ketika Cendana masih berkuasa.

Jika Prabowo dalam pidato di Sentul, mengatakan “para elite selalu mengecewakan dan gagal menjalankan amanah masyarakat” maka yang dimaksud adalah elite Orde Baru yang pernah berkuasa selama 32 tahun – dimana dia merupakan salahsatu bagiannya – dan kini ingin tampil kembali.

Ketika dia menyebut “ketimpangan” dalam pengelolaan ekonomi negara di pemerintah kini, ayahnya dan mantan mertuanya lah yang menciptakan. Ayahnya Soemitro Djojohadikusumo yang mendesain ekonomi Indonesia di awal Orde Baru, sehingga menjadi seperti sekarang.

Soeharto, mantan mertuanya, mengorbitkan sejumlah pengusaha yang kemudian jadi konglomerat dan memonopoli segala lini bisnis dan menyengsarakan rakyat kini. Memonopoli perdagangan yang menjadikan mereka menjadi Mastodon – yang menciptakan kesenjangan sekarang ini.

Dia menyebut “elite telah berkuasa puluhan tahun, dan terlalu lama memberi arah dan sistem yang salah” – tak lain adalah kelompok mereka juga. Buku buku memoar para jendral dan sejarah militer, yang saya baca, menyebut Prabowo mendapat kenaikkan pangkat berkali-kali karena kedekatannya dengan keluarga Cendana, bukan karena prestasinya.

Tak ada lagi kesempatan bagi Prabowo kecuali sekarang ini. Karena generasi milenial tumbuh, pemimpin baru dan calon pemimpin baru akan tampil, logistik sudah semakin sulit didapat oleh kubu pelawan petahana kini, di pemilu berikutnya. Integritasnya pun semakin merosot.

SELAMA 32 tahun elite elite Orde Baru, di bawah kepemimpinan mantan mertua Prabowo dan ayahanda Titiek, mantan isterinya, terbiasa dengan nikmatnya kekuasaan, hidup mewah, bergelimang harta tak tersentuh penegak hukum.

Dan kini mereka kembali! Ingin berkuasa lagi, menjanjikan kesejahterakan rakyat seperti zaman Pak Harto. Memanfaatan generasi yang buta sejarah.

Titiek Suharto yang merapat mesra ke Prabowo setiap lima tahun, menjanjikan pemerintahan mendatang kembali ke zaman serba murah.

Harga harga murah di zaman Pak Harto adalah politik kekuasaan dan subsidi, yang membuat rakyat manja. Mereka jadi sangat tergantung dan lemah menghadapi persaingan dan harga yang naik. Padahal harga itu adalah manifestasi keadaan ‘real’ yang harus dihadapi agar kita bisa tumbuh karena waktu. Di mana pun.

Kalau saja dari dulu kita punya mental kreatif dan daya juang tinggi yang tidak tergantung subsidi – elite elite tidak merampok aset negara – mungkin Indonesia sudah menjadi negara terbesar di Asia.

Tahukah siapa Titiek ? Titik Hediyati Heriyadi Soeharto menjadi sangat kaya raya sejak mendapat kredit Bank Pemerintah, U$D 172 juta – dia pribadi yang menjadi agunannya – tapi mengalihkan ponjaman kepada Hashim Djojohadikusumo, iparnya, untuk membeli saham Bank Papan Sejahtera dan Semen Cibinong.

Padahal hal itu dilarang BI : pakai pinjaman Bank untuk beli saham Bank lain. Tapi di Bank Indonesia saat itu ada Sudradjat Djiwandono, yang juga ipar Prabowo dan Hashim. Jadi sangat mudah sekali mengatur kongkalikong seperti ini.

Anak anak Cendana mendapatkan fasilitas pinjaman dengan bunga rendah. Dan para bankir takut untuk menanyakan pembayaran kembali. “Ada sebuah situasi yang membuat sukar bagi Bank-Bank negara untuk menolak mereka (anak anak Soeharto ) “ kata Direktor Pengelola BI Subarjo Joyosumarto. .

Lebih ekstrim, ketika presiden Bank Bumi Daya menolak permintaan Tutut Suharto akan pinjaman-bebas-bunga, ia langsung dipecat. Bisnis besar pertama Tutut adalah membangun, mengoperasikan jalan tol lingkar Semanggi – Priok. Proyek yang dimenangkannya di tahun 1987 itu mendapat pembiayaannya berasal dari dua bank pemerintah, sebuah perusahaan semen, dan yayasan milik Suharto. Konsesi sistem jalan tol yang dipunyainya, kini menjadi bisnis yang paling menguntungkan di Indonesia.

Tak lama setelah Laksamana Madya TNI Soedibyo Rahardjo dilantik menjadi Kepala Staf Umum (Kasum) ABRI pada Januari 1988, Tutut Suharto juga meminta semua pembelian senjata dipegang oleh grup perusahaannya. Alasannya, masalah persenjataan sangat strategis dan tak bisa dipegang oleh sembarang orang. “Itu perintah presiden,” kata Tutut.

Saat itu, Soedibyo memperkirakan ada 350 perusahaan yang menjadi rekanan Mabes ABRI/Dephankam dalam pengadaan senjata.

Kerajaan bisnisnya, Group Citra Lamtoro Gung, meliputi telekomunikasi, perbankan, perkebunan, penggilingan tepung terigu, konstruksi, kehutanan, penyulingan, perdagangan gula. Pengusaha asing harus jadikan keluarga Suharto sebagai partner, bila hendak berbisnis, dan Tutut ada di deretan pertama di dalam daftar.

Dari tahun 1967 sampai tahun 1998, BULOG mengimpor dan mendistribusikan bahan-bahan pokok, melalui perusahaan yang terkait dengan Suharto, termasuk 6 milik Liem Sioe Liong.

Sesuai permintaan Bambang Tri, Liem memberikan sebagian bisnis kepadanya.

Dari perdagangan gula saja, Bambang Tri mendapat keuntungan sebesar $ 70 juta setahunnya, hanya untuk menstempel dokumen. Sistem itu berjalan dengan begitu baiknya, sehingga setiap anak yang mau masuk ke bisnis diberi sebagian-sebagian dari bisnis tersebut.

Tommy Suharto, bungsu mantan Presiden Suharto yang memiliki 60 perusahaan dari pertambangan sampai konstruksi. Property lapangan golf di Ascot, UK sampai kebun luas di New Zealand.

Antara tahun 1997 sampai 1998, Liem mendapat kontrak dari BULOG untuk mengimpor sekitar 2 juta ton beras yang bernilai $ 657 juta. Dari kontrak itu, anak terkecil Suharto, Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek) ikut mengimpor 300.000 ton beras yang bernilai $ 90,3 juta

Menjelang berakhirnya kekuasaan Orde Baru, bukan hanya anak anak Soeharto yang memonipoli bisnis dengan fasilias kekuasan Suharto, melainkan juga cucu cucunya. Ari Sigit, cucu kesayangan, menerapkan skema penjualan stiker pajak minuman bir dan alkohol sebesar $ 0,25 per-botol di Indonesia . Ari juga mengadakan proyek “sepatu nasional”, di mana semua anak Indonesia diharuskan untuk membeli sepatu sekolah dari perusahaan miliknya – sembilan bulan sebelum Suharto turun.

YAYASAN Supersemar yang kini berkasus dan asetnya disita Kejaksaan RI merupakan salah satu yayasan Soeharto yang digunakan untuk menghimpun kekayaan. Seluruhnya ada 80 yayasan yang dikuasai oleh Suharto, Bu Tien, saudara-saudara istrinya, sepupunya dan saudara tirinya, enam anaknya, keluarga dan orang tua pasangan anak-anak tersebut, orang-orang militer yg dipercaya, dan teman-teman dekat.

Yayasan meminta “sumbangan” kepada BUMN, swasta dan konglomerat. Diawali di tahun 1978, seluruh bank milik pemerintah diminta memberikan 2,5 persen keuntungannya untuk Yayasan Dharmais dan Yayasan Supersemar, sebagaimana diungkap Jaksa Agung terdahulu Soedjono Atmonegoro.

Lalu, “Yayasan-yayasan tersebut membeli berbagai saham, mendirikan berbagai perusahaan, meminjamkan uang kepada para pengusaha,” kata Adnan Buyung Nasution, pengacara yang pernah mencoba membentuk komisi independen terhadap kekayaan Suharto.

Berbagai yayasan yang didirikan sejak berkuasa, lama lama menjadi usaha pribadi. Pak Harto dengan yayasan Trikora-nya, dan Bu Tien dangan Yayasan Harapan Kita-nya. Tak ada audit independen berapa banyak pemasukan yayasan-yayasan itu dibandingkan dengan kegiatan-kegiatan sosial yang mereka lakukan.

Yayasan Supesemar memberikan bea siswa kepada generasi muda, anak anak sekolah dan mahasiwa, tapi tak ada penjelasan pemasukkannya. Antara income dan charity-nya tak jelas.

Dan mereka berlindung di balik hukum.

Di Indonesia, mereka yang punya yayasan adalah para pendirinya. Seperti juga arena balap mobil Sentul. Katanya, Sentul bukan milik Tommy, tetapi milik Yayasan Tirasa. Tapi dulu ketua yayasannya adalah Tommy.

Masa masa pemrintah Suharto berkuasa adalah masa masa semua harga terasa murah, tapi uang juga tak ada. Beras sangat berharga. Setengah mati buruh bekerja untuk seliter dua liter beras.

Saya kenangkan masa ketika radio, sepeda motor masih sebagai barang mewah, ketika celana jeans dan sepatu Kickers sangat bergengsi bagi remaja, rumah rumah yang tersambung telepon merupakan rumah ‘gedongan’.

Kini semua rakyat kota dan desa memilikinya. Bahkan anak anak kini punya telepon seluler. Ada 130 juta telepon seluler dan mengakses internet sekarang ini, menurut data 2017 lalu.

Pada zaman Suharto mereka yang disebut “gembel” benar benar gembel, lusuh dan kumal, hanya memiliki baju yang melekat di badan. Kini para pengamen di angkot dan lampu merah memakai celana jeans dan punya hape. Luar biasa.

Sungguh rakyat yang buta sejarah yang tidak mensyukuri zaman ini dan ingin kembali ke Orde Baru.

Saya khawatir Allah SWT murka kepada bangsa yang tak bersyukur ini, bila sebagiannya masih menyandarkan harapan pada mantan jendral yang tak punya rekam jejak sejarah kepemimpnan sipil yang didukung oleh para politisi korup, sisa sisa rezim Orba, jendral jndral pensiuna frustasi, PNS tukang tilep, gerombolan intoleran radikal, dan pejabat berkasus, untuk menguasai negeri ini. ***

Sumber : Facebook (https://www.facebook.com/dimas.supriyanto/posts/10216627548337731)