“Karyawan” Teladan Yang Ternyata Tidak Pernah Ada!

Kisah ini merupakan rumor yang beredar cukup luas di India sana. Ceritanya bertempat di salah satu kota di India bernama Gurgaon. Walau disebutkan kisah nyata, tetapi belum dapat dipastikan kebenarannya.

India terkenal sebagai salah satu tempat outsourcing yang dicari di negara barat. BPO (Business Process Outsourcing) Saffron adalah salah satunya. Salah satu layanan utama mereka adalah menjadi call center atau customer service untuk perusahaan-perusahaan barat sana.

Di perusahaan outsourcing ini ada seorang karyawati, kita sebut saja Ros. Karyawati yang sangat berdedikasi, rajin dan memberikan kinerja terbaik. Pihak atasan dan manajemen sangat puas dengan kemampuannya. Bisa dibilang, dia selalu dijadikan panutan dan inspirasi oleh manajemen untuk mendorong yang lainnya bekerja maksimal.

Kejadian ini bermula di satu hari. Saat itu sudah jam pulang. Hampir semua staff CS sudah pulang. Tiba-tiba ada satu telepon yang masuk. Ros yang mengangkat dan menjawab panggilan tersebut. Tidak ada yang aneh. Karena menjawab panggilan di dekat jam pulang mereka adalah hal lumrah.

Tetapi yang tidak wajar adalah panggilan ini sudah berjalan lama. Umumnya telepon yang masuk durasinya sekitar 5 menit. Mungkin ada satu atau dua kasus yang agak lama daripada biasanya. Tetapi yang ini lamanya mencapai 45 menit.

Waktu itu, Team Leader dan staf quality control masih di situ. Mereka tidak boleh pulang selama masih ada panggilan telepon berlangsung. Karena sudah terlalu lama, mereka memutuskan untuk mencoba mengecek pembicaraan yang terjadi untuk memastikan apakah mungkin Ros butuh bantuan.

Dan kejadian berikutnya betul-betul mengejutkan.

Tidak ada siapa-siapa di ujung telepon sana. Namun mereka melihat Ros berbicara terus menerus. Selama 45 menit.

Staf yang hadir di situ bingung, mengapa Ros berbicara sendiri selama itu? Tetapi karena dia adalah karyawan yang sangat mereka hormati dan merupakan yang terbaik, mereka tidak menanyakannya. Mungkin dia sedang depresi, mungkin sedang kelelahan dan sebagainya. Dan begitulah setelah telepon misterius itu selesai, semua pulang ke rumah masing-masing.

Keesokan harinya, Ros tidak masuk. Ini masih pertama kalinya dia izin tanpa berita. Karena performanya yang selama ini sangat baik, pihak manajemen tidak terlalu mempermasalahkan. Tetapi ternyata hari berikutnya, dan berikutnya lagi dia tetap tidak masuk.

Karena sudah terlalu lama, mereka memutuskan untuk mencoba menghubungi Ros, bahkan sampai ke tempat tinggalnya, untuk memastikan semuanya baik-baik saja (mengingat adanya kejadian telepon waktu itu). Saat ditanyai di kos tempat tinggal, ternyata Ros tidak pernah tinggal di situ. Pemilik kos tidak mengenali adanya orang tersebut.

Mungkin dikhawatirkan terjadi apa-apa pada Ros, tim HR perusahaan berusaha untuk mencoba mengkontak keluarga Ros berdasarkan biodata dirinya saat melamar. Mereka berhasil melacak ke rumah orang tua Ros. Tetapi ada satu hal yang membuat orang-orang HR syok saat itu.

Ternyata Ros sudah meninggal 8 tahun yang lalu. Mereka memastikan Ros yang mereka cari adalah Ros yang sama yang selama ini bekerja di perusahaan mereka. Dan seperti itulah Ros menghilang begitu saja, dan tiba-tiba saja ternyata dia sudah wafat.

Sampai sekarang perusahaan masih menjadi misteri…

Sumber : Ceritamistis.com

Ads2

Be the first to comment

Leave a Reply