Cerita Mistis Dari Negara Vietnam

Orang Vietnam sama seperti orang-orang di negara lain juga. Mereka memiliki cerita-cerita seram. Karena saya menjadi mahasiswa S2 pertukaran juga sekaligus menjadi pengajar di Universitas Saigontech, saya berkesempatan untuk mendengar cerita dari mereka, sekaligus mengalaminya langsung…


 

Saya sebetulnya sudah termasuk orang skeptis. Jadi ketika sampai di Vietnam dan mendengar cerita hantu mereka, saya rasa itu hanyalah tradisi orang sana. Sama seperti kalau di Indonesia terkenalnya dengan kuntilanak atau tuyul. Jadi ketika mereka cerita ke saya kejadian nyata bertemu hantu, saya hanya celetuk paling itu hanya imajinasi saja. Sampai hal itu terjadi pada saya.

Kejadiannya pas tahun 2005, Januari. Saya sedang tertidur dan di dalam mimpinya saya bertemu dengan sebuah hantu. Menurut kepercayaan orang Vietnam sana, hantu bisa menampakkan dirinya dalam mimpi. Jadi, iya, saya percaya itu adalah hantunya.

Perempuan itu adalah seorang wanita Asia, dengan rambut hitam panjang, mengenakan pakaian serba putih. Saya ingat di dalam mimpi saya waktu itu terlentang di atas kasur. Kemudian saya menoleh ke kiri dan melihat dia sedang menatap saya, dalam keadaan melayang….

Langsung saja saya terbangun! Saya terus menatap arah sana, sepanjang malam itu…

Keesokan paginya saya iseng-iseng bertanya ke putri pemilik rumah ini, apakah di rumah ini ada hantu. Dia menjawab tidak ada. Saya tidak tahu dia berkata jujur atau berbohong supaya tidak membuat saya takut. Tapi, akhirnya saya pun melupakan tentang masalah hantu itu. Pikir saya, mungkin hanya mimpi buruk belaka.

Sepuluh bulan kemudian, saya melihat hantu yang sama lagi di kamar saya. Tapi kali ini saya dalam keadaan terjaga. Ya! Saya sedang terjaga!

Jadi ceritanya, saya waktu itu baru saja mendapat patung Quan Am kecil. Saya meletakkan patung itu di dalam kamar saya. Satu malam, ketika berjalan ke arah komputer saya, tiba-tiba mata saya menangkap bayangan perempuan berbaju serba putih muncul di sebelah patung Quan Am. Saya langsung menghadap ke arah patung saya situ, tetapi bayangan itu sudah menghilang. Sama, beberapa hari kemudian saya melupakannya lagi. Karena saya rasa mungkin saya salah lihat.

Contoh patung Quan Am. Walaupun bukan bentuk seperti ini yang saya punya.

 

Pas saat Februari 2006, saya waktu itu mengajar ke beberapa mahasiswa di Universitas SaigonTech. Entah siapa yang memulainya, kita mulai bahas masalah hantu. Apa yang mereka ceritakan mulai membuat saya merinding. Soalnya salah satu dari mereka mengaku pernah melihat seorang perempuan dengan rambut hitam dan pakaian serba putih, yang berdiri di samping temannya. Pas keesokan harinya, dia bertanya temannya siapa perempuan yang berdiri itu, temannya tidak tahu apa-apa. Mahasiswa yang lainpun ada cerita serupa. Entah pas baru bangun, ataupun saat bermimpi.

Beberapa orang Vietnam bilang hantu yang saya lihat itu adalah Quan Am. Tetapi yang lainnya tidak terlalu tahu. Tetapi sepertinya hantu ini adalah hantu yang paling sering muncul penampakannya di Vietnam.

Dan ada cerita lain lagi tentang Quan Am ini yang sangat menarik. Jadi ceritanya ada penampakan perempuan berambut hitam panjang, yang memakai baju putih di kampungnya. Biasanya di tengah malam, orang selalu melihat hantu ini.

Ilustrasi. Walau saya tidak pernah melihat secara jelas, kurang lebih seperti itulah sosok perempuan tersebut.

Di kampung situ ada sebuah pohon yang besar. Nah setiap tengah malam, selalu ada suara menangis yang muncul dari pohon itu. Tentu saja orang-orang penasaran. Nah menariknya, hanya pria perjaka yang bisa melihat hantu itu (yang lain hanya bisa mendengar suaranya). Konon mereka juga hanya bisa melihat sekilas, karena sebentar saja dia sudah menghilang. Akhir ceritanya seorang biksu membacakan doa di pohon itu, dan kemudian sang hantu itu pun tidak pernah muncul lagi.

Siapa dia? Kalau kata orang dia adalah Quan Am, tetapi menurut saya itu tidak mungkin soalnya Quan Am adalah orang suci di kepercayaan orang Vietnam sana. Asal tahu saja Quan Am, di daerah Indonesia disebut dengan Guan Yin, dewi yang banyak dipuja orang Tionghua dan Buddha pada umumnya.

Jadi aneh saja kalau ada yang bilang itu adalah penampakan Quan Am. Seperti yang saya tegaskan sebelumnya, ada orang Vietnam yang tidak setuju kalau sosok penampakan itu adalah Quan Am. Karena Quan Am adalah makhluk suci, bagaimana mungkin mereka menangis dan harus didoakan oleh biksu. Kalau saya bilang, di Indonesia mungkin orang sudah menyebutnya kuntilanak. Tapi entahlah, sebenarnya apa itu…

-Kevin


Tahukah kalian orang Vietnam pernah mengungsi ke Indonesia, khususnya Batam? Mereka mendirikan kemp dan kampung di sana, namun akhirnya ditinggalkan setelah perang Vietnam usai. Saat ini Batam memiliki Kampung Vietnam, yang penuh cerita mistis.

Sumber : Ceritamistis.com

Leave a Reply