Anjing Tak Berhenti Mengonggong, Ibu Ini Sadar, Cek Putrinya di Sekolah dan Ini yg Terjadi!

Terkadang banyak orang memutuskan untuk memelihara seekor anjing selain untuk menjadi teman bermain juga sebagai penjaga rumahnya disaat semua orang pergi dari rumah. Namun berbeda dengan anjing yang satu ini. Bukan hanya melindungi rumah, anjing ini bahkan telah menyelamatkan nyawa anak dari majikannya itu.

Hero adalah seekor anjing Labrador yang memiliki tingkat kepekaan yang tinggi. Hero memang sengaja dilatih untuk dapat mendeteksi diabetes. Ia telah terlatih layaknya seorang dokter. Hebatnya hero bisa menditeksi kapan anak majikannya itu mengalami kadar gula darah yang rendah ataupun tinggi.

Hero mulai bergabung dengan keluarga Brooks yang menjadi majikannya kini pada bulan Desember 2015. Anak perempuannya yang bernama Sadie Brooks, harus menerima nasib bahwa dirinya terkena penyakit Diabetes tipe 1 dan mengalami Down Syndrome. Penyakit yang dideritanya gadis berusia 5 tahun ini membuat kedua orangtuanya kesulitan untuk mengecek kadar gulanya.

Ketika kadar gula darah Sadie sangat rendah, Hero akan menggonggong pada orang tua Sadie dan mengangkat kaki kirinya. Sebaliknya, jika kadarnya sangat tinggi ia akan mengangkat kaki kanannya.

Hubungan antara Sadie dan Hero semakin terlihat sangat erat pada Desember 3 tahun lalu. Hero sedang berada di rumah dan Sadie berada di sekolahnya yang berjarak delapan kilometer dari rumah.

Saat itu, Hero mulai berperilaku seolah-olah kadar gula darah Sadie menurun. “Hero biasanya sangat tenang, namun saat itu ia terus menggonggong tanpa henti,” kata ibu Sadie, Michelle Brooks.

Saat itu, Michelle tidak yakin dengan tanda-tanda yang diberikan Hero. Namun, akhirnya ia memutuskan untuk menelepon pihak sekolah untuk memastikan keadaan putrinya. Dia meminta Ms. Kimberly Stoneman, guru Sadie, untuk memeriksa kadar gula darahnya. Stoneman pun langsung melakukan apa yang dikatakan Sadie.

Dalam waktu setengah jam, kadar darahnya turun. Jumlahnya turun dari 122 menjadi 82, yang berpotensi mengancam jiwa Sadie.

Pelatih Hero, Owens, mengatakan bahwa anjing ini memiliki kemampuan khusus untuk mencium/ membau. Mereka bisa mendeteksi bau dari jarak 1-2 mil (sekitar 1,6-3,2 km). Tapi dia tidak bisa menjelaskan bagaimana Hero bisa merasakan situasi Sadie dari jarak 5 mil. “Aku tidak bisa menjelaskannya. Itu seperti naluri seorang ibu. Anjing ini punya kemampuan yang tidak dapat kita mengerti,” kata Owens.

“Kami tak dapat menjelaskan bagaimana ini terjadi. Kami merasa beruntung. Ia anjing yang sangat mengagumkan bahkan tanpa kemampuan itu sekalipun. Ia benar-benar anjing yang tepat untuk Sadie,” tulis Michelle di akun Facebooknya.

Tak ada satupun yang bisa menjelaskan kemampuan yang dimiliki Hero ini. Ibu Sadie tak ingin membesar-besarkan hal ini menjadi sesuatu yang heboh. Baginya Hero adalah penyelamat untuk anaknya, dan kejadian saat itu adalah mukjizat Tuhan yang diberikan kepada anaknya sehingga anaknya masih diberi kesempatan untuk hidup hingga saat ini.

Sumber: Cerpen

Leave a Reply