Kandang Sapi Dijaga Ketat 24 Jam! Ternyata Harganya “Selangit” Guys!

Sapi adalah salah satu hewan ternak yang penting bagi manusia. Hampir satu badan sapi bisa dimanfaatkan, mulai dari daging, susu, kulit, tenaga hingga kotoran sapi pun bisa dijadikan pupuk yang bernutrisi.

Bagi petani yang tinggal di pedesaan, sapi sudah seperti keluarga sendiri. Sapi identik dengan kata sifat seperti ‘ketekunan’ dan ‘kesetiaan’. Bahkan, sapi dianggap sebagai hewan yang mulia.

Nah, hari ini kita mau berbincang-bincang tentang sapi bertanduk raksasa dari afrika, namanya sapi Ankole-Watusi. Panjang tanduknya bisa mencapai 2,4 meter dari ujung ke ujung dan beratnya bisa mencapai 700 kilogram!

Di Afrika, sapi ini bukan hanya sekedar hewan ternak, melainkan ‘barang paling berharga’! Sapi ini bisa digunakan baik sebagai mata uang, warisan keluarga dan juga mas kawin!

Tanduk besar mereka merupakan senjata terpenting mereka juga semacam perlindungan. Tanduk ini membantu sirkulasi darah, menjaga tubuh mereka agar tidak kepanasan bahkan pada suhu tinggi.

Sapi ini hidup terutama di Sudan Selatan di Afrika. Kondisi ekonomi di sana sangat terbelakang, sehingga sapi ini tidak hanya dijadikan barang berharga, tetapi bahkan telah menjadi simbol yang mewakili status dan kekayaan penduduk sana.

Di sana, seekor sapi yang sehat dapat dijual dengan harga sekitar 500 dolar AS (7 juta Rupiah). Bagi penduduk setempat, ini jelas merupakan jumlah yang sangat besar.

Itu sebabnya, banyak sapi yang dicuri dari para penggembala. Penduduk lokal sampai harus melindungi sapi mereka dengan benda api. Total ada sekitar 350.000 ekor sapi yang dicuri setiap tahunnya.

Tampaknya sapi yang dijuluki rajanya para sapi ini memang sangat rentan menjadi incaran para maling, pantas saja dijaga ketat begitu! Gak heran sih! Gimana nih pendapatmu?

Yuk like dan share berita ini ke temen-temen kamu!

Sumber: Cerpen.co.id

Ads2

Be the first to comment

Leave a Reply